The Power Of Freedom

    Nah, kebebasan dalam berpikir harus dilandasi dengan pendirian yang kuat dan positif, tanpa merugikan perasaan orang lain. Misalnya dalam suatu rpat organisasi diadakan saran untuk solusi terhadap suatu masalah tertentu. Nah, hendaknya kita bisa saling memperbaiki dalam “saling” memberi masukan tersebut. Wajar bila kita menganggap pendapat kita yang bagus, tapi jika keputusan kelompoknya sudah ditetapkan untuk tidak memakai pendapat kita, dalam arti emikirkan segi positif dan negatifnya, maka kita harus sadar bahwa pemikiran kelompok kita ternyata benar.
Anda ingin bebas mengeksplorasi pola pikir anda? Yah, sebenarnya semua orang berhak atas kebebasan dirinya. Tapi Anda sadari atau tidak, terkadang kita terlalu sering untuk mengikuti pola pikir orang lain yang sejujurnya itu tidak sinkron dengan suasana hati kita yang sebenarnya. Dan saya yakin Anda bukan orang pertama yang merasakan seperti itu, karena pada dasarnya manusia memang didasari dengan pemikiran yang masing-masing berbeda satu sama lain. Memang, kalo ada yang lebih baik kenapa kita tidak mengikuti. Oke, sekarang kita balik lagi ke pendirian kita. Sebaik-baiknya pendirian kita kalo ada yang masih lebih baik lagi dibandingkan pemikiran kita, kita memang harus sportif, kita harus mengakui kelebihan yang mereka punya.
     
    Pendirian yang kuat dapat juga kita terapkan dalam mencari ilmu. Bilamana kita memang nggak ngerti tentang mata pelajaran yang diajarkan oleh dosen, guru atau pembimbing kita, makan dengan sangat percaya diri langsung tanya dengan yang bersangkutan, atau juga kita bisa tanya dengan teman kita yang sekiranya kita anggap lebih mumpuni dalam mapel terrsebut. Kebanyakan orang menyebut seperti “Polos”, namu bagi saya pengrtian tersebut bukan tidak benar, namun kurang tepat. Bayangkan Anda polos dengan pemikiran Anda tanpa menggunakan feeling Anda terhadap sesama, pasti kurang enak juga kan. Pendirian yang kuat harus dilandasi dengan sikap dan pola pikir dewasa dari kita sendiri, nggak mungkin kita ngomong blak-blakan tanpa aturan.

Boleh saja Anda mengikuti Power Of Freedom, tapi ada beberapa aspek yang harus anda perhatikan, antara lain sebagi berikut:

1. Rasakan kondisi sekitar dulu, apakah anda berada di saat yang tepat
2. Perhatikan perasaan masing-masing individu yang ada si sekitar anda
3. Ikuti pola pikir anda yang positif
4. Jika Anda merasa benar, yakini kalau Anda patut untuk menang
5. Lanjutkan jika memang tidak ada kesalahan
6. Sabar menghadapi respon (bila ada)
7. Berusahalah menenangkan diri anda dengan mengambil keputusan
8. Ingat, Bebas bukan berart seenaknya
9. Jangan merasa pendirian anda salah jika anda menemui hal negatif ( gagal)
10. Percaya bahwa pendirian anda benar dan ada dipikiran orang lain di sekitar anda
11. Jangan merasa Anda yang “LEBIH” dari yang lain
12. Percaya bahwa jalan hidup manusia berbeda

Itulah beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan jika ingin menerapkan pola pikir The Power Of Freedom. Anda harus meyakini apa yang Anda pikirkan. Jangan sampai pikiran Anda ditutupi oleh kelebihan yang sebenarnya ada pada diri Anda. Ingat : Diam tak berarti tidur.

1 komentar:

Diisi ya, Saran, Kritik, Komen dan Sharing