Sekilas tentang Bigbluebutton



Bigbluebutton adalah software opensource yang dapat digunakan sebagai fungsi dari webRTC (web Real Time Communication). Bigbluebutton dapat digunakan sebagai server web conference,  dimana semua berbasis web dan berkomunikasi lewat web. Dengan HTML5 yang dimiliki Chrome, otomatis sudah mendukung untuk berkomunikasi webRTC.




Dari segi fitur, bigbluebutton sudah cukup lengkap dibanding server yang lain (sejenis). Fitur video conference, voice conference, moderator, sharing (.pdf, .word, bahkan image), dan GUI-nya yang mudah dimengerti.

Dalam instalasi (yang InsyaAllah akan dijelaskan di bagian selanjtunya) dibutuhkan voip server dan web server (nginx). Disini yang menggunakan Freeswitch sebagai voip server, yaitu digunakan untuk melakukan transfer data ke client. Beberapa paket juga diperlukan dalam instalasi bigbluebutton , ini juga tergantung pada distro linux yang digunakan. Sebagian menggunakan Ubuntu atau Distro turunan Debian lainnya untuk dijadikan sebagai platform. untuk info lebih lanjut bisa dibaca di http://www.bigbluebutton.org/ .

Semoga bermanfaat ..



0 komentar

Diisi ya, Saran, Kritik, Komen dan Sharing