Apakah Slackware Tertua?



Slackware adalah sebuah distribusi GNU/Linux, yang dikelola dan dikembangkan oleh Patrick Volkerding pada akhir 1992, namun direlease pada 17 Juli 1993.Volkerding mulai menggunakan GNU/Linux karena memerlukan sebuah interpreter LISP (bahasa tertua kedua, setelah fortran
) untuk sebuah proyek. 

Nama “Slackware” sendiri berasal dari fakta bahwa distribusi ini dimulai sebagai proyek pihak swasta tanpa komitmen yang apa-apa. Untuk mencegah proyek ini menjadi terlalu serius pada awalnya, Volkerding memberi nama yang lucu itu, yang kemudian tetap bertahan bahkan setelah Slackware menjadi proyek serius. Kata “Slack” (kendor) di Slackware merujuk pada istilah “Slack” seperti yang digunakan oleh Gereja para SubGenius.

Versi Slackware Linux pertama yang tersedia untuk publik adalah rilis 1.0, yang dirilis pada 16 Juli 1993. Saat ini telah banyak varian distro baru yang lahir dari basis Distro Slackware seperti Zenwalk, Slax, Vector Linux, Easys, dll. 

Namun tahukah Anda bahwa Slacware bukan merupakan distro tertua?
Ya benar, menurut banyak sumber yang saya baca, distro Slackware dikembangkan dari distro SLS (Soft Landing Systems) linux. Karena masih banyak bug yang terdapat pada SLS, maka Volkerding memutuskan untuk memperbaiki SLS. Dengan memnyatukan hasil perbaikan yang dilakukan, maka Volkerding menamai distro tersebut dengan nama Slackware. Awalnya Slackware dimulai hanya sebagai koleksi pribadi dari hasil perbaikan (patch) yang dilakukan oleh Volkerding untuk SLS linux.

Namun distro private ini mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari publik, sehingga dia meutuskan untuk merelease untuk publik pada 1993.

semoga bermanfaat ..

source : 

https://halojack.wordpress.com/2013/10/03/apa-itu-slackware/
http://blog.iixmedia.com/slackware-linux
http://forum.linux.or.id/viewtopic.php?t=21992&start=15
aqwam.staff.jak-stik.ac.id/files/23.-pkti-2b[2].doc

0 komentar

Diisi ya, Saran, Kritik, Komen dan Sharing